WORKSHOP
PENYUSUNAN PETA JALAN PENGEMBANGAN SEKOLAH PUSAT KEUNGGULAN SMK PARIWISATA
TRIATMA JAYA TABANAN TAHUN 2021
SMK
Pariwisata Triatma Jaya Tabanan sebagai salah satu sekolah yang mendapatkan
bantuan SMK Pusat Keunggulan harus melakukan serangkaian perubahan yang harus
dilaksanakan demi tercapainya program SMK Pusat Keunggulan ini di seluruh
elemen sekolah ini. Workshop penyusunan
kali ini bertujuan agar SMK
Pariwisata Triatma Jaya Tabanan memiliki sebuah program kerja yang utuh dan
jelas mulai dari tahun 2021 hingga tahun 2025. Workshop peta jalan pengembangan
sekolah pusat keunggulan SMK Pariwisata Triatma Jaya Tabanan dilaksanakan
selama dua hari, yaitu pada hari Kamis 2 September 2021 dan Jumat, 3 September
202. Dalam Workshop ini adalah beberapa
rangkaian acara yaitu : Pembukaan acara workshop (ucapan selamat datang kepada
undangan dan peserta), Doa, Penyampaian Susunan acara, Menyanyikan Lagu
Indonesia Raya, Sambutan Bapak Kepala SMK Triatma Jaya Tabanan, Sambutan dari
perwakilan DU-DI, Sambutan dari Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga
Provinsi Bali yang diwakili oleh Kasi
Kurikulum Bapak I Gede Agus Rai sekaligus membuka acara workshop “Penyusunan
Peta Jalan Pengembangan Sekolah Program Pusat Keunggulan” dilanjutkan dengan Arahan
Materi dari B4TK BISPAR, Arahan Materi dari perguruan tinggi yaitu Politeknik
Negeri Bali (PNB) serta arahan dari pengawas sekolah Bapak Drs. I Wayan Suwira,
M.Si. M.Pd.
Dalam
Workshop ini ada beberapa arahan materi yaitu yang pertama dari Bali Besar P4TK: Pendampingan
setelah kegiatan IHT, pemberian materi dari BISPAR nantinya bisa dilakukan secara
daring dan bisa juga dilakukan secara luring. Materi terkait penyusunan peta jalan untuk panduan pelaksanaan
sekolah pusat keunggulan dimulai dari waktu pelaksanaan dan lain-lain (modul,
KS-POS). Peta jalan merupakan sebuah perencanaan dari Kepala Sekolah dan
seluruh warga di sekolah yang terlibat serta melibatkan dunia kerja dan dunia
industri (DU-DI). Semua program ini dilaksanakan untuk peserta didik. Bagaimana
nantinya peserta didik bisa sukses di dunia di industri dalam karirnya.
Memadukan proses pembelajaran di sekolah dengan yang terlaksana di dunia
industri sehingga nantinya bisa menjadi lulusan yang kompeten. Pengembangannya
terkait dengan kurikulum, sarana dan prasarana, keuangan dan pembiayaan serta
sudah memiliki kerja sama dengan DU-DI. Sekolah PK ini berdasarkan Inpres No. 9
tahun 2016. (5W + 1H) untuk menyusun dan merelisasikan pembuatan peta jalan sekolah
pusat keunggulan. Profil Pelajar Pancasila bisa dijadikan acuan dalam
penyusunan peta jalan sehingga nantinya bisa menyusun modul. Dalam smk pusat
keunggulan ini adanya kemerdekaan belajar. Penguatan SDM (Magang Guru). Kurikulum
Operasional Sekolah (KOS) nantinya akan disusun melibatkan DU-DI. Pembelajaran
bebasis projek pada SMK Pusat Keunggulan ini ada pengajar dari dunia industri
(50 JP). Penyesuaian standar profil sekolah PK dengan kondisi sekolah sekarang.
Dengan memprioritaskan target utama yang ingin dicapai. Penyusunan sumber dana
sesuai dengan waktu dan target yang ingin dicapai (krusial). Peta jalan ini
bisa menjadi gambaran bagaimana keadaan sekolah 5 tahun ke depan dengan rencana
dan target yang ingin dicapai. (Review kegiatan IHT SMK Triatma Jaya Tabanan :
Kegiatan IHT diikuti oleh semua guru di SMK Pariwisata Triatma Jaya Tabanan
untuk tindak lanjut sudah sampai dengan program keahlian dengan penyusunan ATP
dan modul). Sekolah PK dipusatkan pada kelas X, Kelas XI dan XII masih memakai
kurikulum K13. Guru yang kekurangan jam mengajar bisa mengajar di kelas X. Proyek penguatan profil pelajar Pancasila :
(Jam mengajar dihitung secara blok (bulanan) dengan 3 tema yang ada dengan JP menyesuaikan (flexible). Pilih tema yang
sekolah sudah siap dan pas dengan keadaan sekolah. Diharapkan ada projek di akhir pembelajaran
seperti pameran kegiatan hasil dari pembuatan produk dalam kegiatan
pembelajaran sesuai dengan program keahlian masing-masing. Diharapkan juga bisa
mengundang orang tua dalam kegiatan tersebut.
Arahan Materi Workshop Penyusunan Peta Jalan Pengembangan Sekolah Program Pusat Keunggulan dari Pendamping Perguruan Tinggi (PNB): Tahapan dalam pengembangan sekolah PK diawali dengan penyusunan peta jalan. Yang membedakan program Sekolah PK dengan program yang lain adalah adanya keterlibatan pemerintah daerah, adanya pendampingan dengan perguruan tinggi serta adanya keterlibatan dengan DU-DI. Perguruan tinggi nantinya akan membantu SMK dalam menganalisis kelemahan dan kelebihan dari program smk pusat keunggulan ini. Perguruan tinggi juga akan membantu mendampingi dalam menyusun kurikulum. Perguruan tinggi nanti juga akan mendampingi dalam kerja sama dengan DU-DI.
Arahan
dari pengawas sekolah: Penyusunan Peta Jalan SMK Triatma Jaya Tabanan program
sekolah Pusat Keunggulan. Sekolah yang memakai kurukulum PK adalah sekolah
sudah menjadi sekolah pusat keunggulan. Ada beberapa tahapan untuk menjadi
sekolah PK : Teaching factory – CEO – SMK Pusat Keunggulan. Perencanaan sekolah
PK terdiri dari beberapa waktu, terdiri dari jangka waktu pendek, menengah dan
jangka panjang. Dalam sekolah PK data
awal penting dilakukan untuk memetakan kemampuan siswa agar bisa mengantarkan
siswa untuk mencapai mimpinya. Asesmen diagnostik ini sangat penting untuk bisa
memetakan kemampuan dan mimpi yang ingin dicapai siswa. Dalam sekolah PK juga
diterapkan sistem pembelajaran bebasis projek. Di mana semua guru mata
pelajaran harus bersinergi dalam kegiatan pembelajaran untuk menghasilkan
lulusan yang kompeten. Jenis produk yang dihasilkan oleh siswa juga harus
didiskusikan dengan siswa seperti konsep pembelajaran Ki Hadjar Dewantara. Pada
sekolah PK tidak ada program keahlian. Sehingga di kelas XI nanti akan
ditentukan peminatan dan di kelas XII sudah matang. Dengan adanya sekolah PK
tentu akan adanya perubahan sistem dari kurikulum sebelumnya. Ada perubahan
juga pada jumlah jam mengajar dan juga nantinya akan berperngaruh dan
perencanan simber dana seperti adanya perbedaan jumlah honor mengajar. Dalam
sekolah PK adanya perlu adanya penyelarasan antara sekolah dengan DU-DI. Peta
Jalan terdiri dari : Profil sekolah, Visi-Misi Sekolah, Analisis SWOT,
(menentukan kekuatan, kelemahan, Peluang serta ancaman yang ada di sekolah,
sehingga nantinya bisa digunakan untuk membuat peta jalan sekolah pusat
keunggulan. Gambaran SMK(tentukan yang esensial, Rencana Aksi (Menetukan jenis
kegiatan yang akan dilaksanakan disesuaikan dengan keadaan yang ada di sekolah
dan juga disesuaikan dengan dana) dan Tantangan Sekolah (Revolusi industri).
Dalam sekolah PK berkaitan dengan nilai-nilai budaya industri yang nantinya
akan diselaraskan dengan pengajaran sekolah agar nantinya lulusan sekolah bisa
teserap dunia industri. Sehingga
nantinya akan ada guru magang. Sekolah PK – BMW. Pendidikan bersifat dinamis
dalam sekolah PK. Dalam sekolah PK perlu mengakaji program keahlian, Ranking
kesesuain Program Keahlian-konsentrasi keahlian, komponen pembenahan
(disesuaikan dengan perkembangan zaman, seperti sekarang disesuaikan dengan IT
dan juga peningkatan kompetensi guru.
Comments
Post a Comment