Pada masa Tahun ajaran
Baru, tiap sekolah biasa mengadakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)
atau dulu biasa disebut Masa Orientasi Siswa (MOS). Di masa pandemi Covid-19
seperti ini, kegiatan MPLS tetap harus dilakukan. MPLS juga telah diatur dalam
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 18 Tahun 2016. Pengenalan
lingkungan sekolah ditujukan untuk: Mengenali potensi diri siswa baru. Membantu
siswa baru beradaptasi dengan lingkungan dan fasilitas sekolah. Menumbuhkan
motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru. Mengembangkan
interaksi positif antarsiswa dan warga sekolah lainnya. Menumbuhkan perilaku
positif peserta didik. Tujuan diadakan
MPLS untuk beberapa hal, yakni: 1. Mengenali potensi diri siswa baru melalui
formulir profil siswa yang terdiri dari identitas, riwayat kesehatan, potensi
atau bakat serta sifat/perilaku. Selain itu saat MPLS digunakan untuk
memberikan motivasi, semangat dan cara belajar efektif untuk para peserta didik
baru. 3. Menumbuhkan perilaku positif, jujur, mandiri, menghargai, disiplin,
hidup bersih dan sehat. 4. Membantu peserta didik baru beradaptasi dengan aspek
keamanan, fasilitas umum dan sarana prasarana sekolah. 5. Pada kegiatan MPLS,
bisa mengembangkan interaksi positif antarsiswa dan warga sekolah lainnya. 6.
Selama pelaksanaan MPLS, kepala sekolah bertanggung jawab penuh atas
perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dalam pengenalan lingkungan. Masa
Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dilakukan di hari dan jam pelajaran
sekolah dalam jangka waktu paling lama 3 hari pada minggu pertama awal tahun
pelajaran. Dengan dilakukan pengenalan lingkungan sekolah, peserta didik baru
bisa mengenal program yang dimiliki sekolah, mengenal sarana dan prasarana di
sekolahnya, mengenal cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri hingga
pembinaan kultur sekolah. Di situasi pandemi seperti saat ini, Pengenalan
Lingkungan Sekolah dapat dilakukan melalui daring atau luring tanpa tatap muka
karena kesehatan dan keselamatan peserta didik adalah prioritas utama.
Jadi dalam MPLS kali
ini menekankan terhadap penyesuaian - penyesuaian yang lebih kreatif dan
inovatif, dengan memanfaatkan teknologi informasi secara optimal. Sehingga
meski tidak bertatap muka langsung, tujuan MPLS, khususnya yang terkait dengan
pengenalan berbagai aspek pembelajaran di sekolahnya tetap tercapai dengan
baik.
Comments
Post a Comment